Minggu, 25 Desember 2011

Strategi penetapan harga





Harga
merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P = product, price, place, promotion / produk, harga, distribusi, promosi). Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.

Metode Penetapan Harga Produk :
1. Pendekatan Permintaan dan Penawaran
Dari tingkat permintaan dan penawaran yang ada ditentukan harga keseimbangan (equilibrium price) dengan cara mencari harga yang mampu dibayar konsumen dan harga yang diterima produsen sehingga terbentuk jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan.
2. Pendekatan Biaya
Menentukan harga dengan cara menghitung biaya yang dikeluarkan produsen dengan tingkat keuntungan yang diinginkan baik dengan markup pricing dan break even analysis.
3. Pendekatan Pasar
Merumuskan harga untuk produk yang dipasarkan dengan cara menghitung variabel-variabel yang mempengaruhi pasar dan harga seperti situasi dan kondisi politik, persaingan, sosial budaya, dan lain-lain.
penentuan harga dalam perusahaan
Penentuan harga dalam perusahaan didasarkan antara lain oleh bentuk pasar . berikut ini asumsi dari suatu model perusahaan yaitu :

·       Peranan terhadap harga
·       Jumlah penjual
·       Yang mendasari banyak penjual
·       Kondisi ongkos
·       Banyak pembeli
·       Kondisi permintan
·       dll

Penentuan harga dasar dan laba yang diharapkan
penentuan harga meliputi :
Ø  Pendekatan supply dan demand
Ø  Pendekatan pasar
Ø  Pendekatan yang berorientasi pada biaya


0 komentar:

Posting Komentar