Perilaku Konsumen dan Cakupan Ilmu Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen dan cakupan ilmu pengetahuan konsumen
Perilaku konsumen adalah proses dan aktifitas ketika seseorang berhubungan
dengan pencarian , pemilihan , pembelian , penggunaan serta pengevaluasian
produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan .
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen
untuk membuat keputusan pembelian . Untuk barang berharga jual rendah proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah sedangkan barang berharga jual
tinggi proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang
Cakupan ilmu prilaku konsumen Perilaku konsumen merupakan ilmu yang relative
baru dibandingkan ilmu yang lain. Ilmu ini berkembang ketika konsep pemasaran
banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan. Kompelksnya perilaku konsumen dan
perlunya memahami konsumen mendorong ilmu ini dalam berkembangnya memerlukan
ilmu-ilmu lain yang terkait yang memungkinkannya mampu menjelaskan perilaku
konsumen dengan lebih baik. Ilmu lain yang telah memberikan sumbangan
pemikiran bagi studi perilaku konsumen antara lain :
a. Sosiologi : memberikan sumbangan dalam mempelajari kekuatan sosial yang mempengaruhi konsumen, seperti konsep struktur sosial, keluarga, kelas sosial, etnis, gender dan gaya hidup yang dapat mempengaruhi perilaku individu maupaun kelompok.
b. Antropologi : Memahami fenomena konsumen ritual, mitos, symbol dan aspek budaya lainnya.
c. Ekonomi : membantu dalam memberikan pemahaman tentang keterkaitan antara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen serta adanya perbedaan perilaku konsumen.
d. Psikiologi : memahami proses psikiologi yang sifatnya belajar, sikap dan dinamika kelompok yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen.
a. Sosiologi : memberikan sumbangan dalam mempelajari kekuatan sosial yang mempengaruhi konsumen, seperti konsep struktur sosial, keluarga, kelas sosial, etnis, gender dan gaya hidup yang dapat mempengaruhi perilaku individu maupaun kelompok.
b. Antropologi : Memahami fenomena konsumen ritual, mitos, symbol dan aspek budaya lainnya.
c. Ekonomi : membantu dalam memberikan pemahaman tentang keterkaitan antara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen serta adanya perbedaan perilaku konsumen.
d. Psikiologi : memahami proses psikiologi yang sifatnya belajar, sikap dan dinamika kelompok yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen.
Ø Siapa sebenarnya yang dimaksud dengan konsumen dan
apa yang menjadi ciri-ciri konsumen?
· Pengertian
Konsumen
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa
yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga,
orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
Konsumen adalah entitas yang mudah berubah, untuk itu
diperlukan studi perilaku konsumen agar segala gerak mereka bisa diantisipasi.
Dalam buku ini para mahasiswa dan pelaku bisnis dapat mempelajari keinginan,
persepsi, preferensi, dan perilaku konsumen.
· Ciri-ciri
konsumen :
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk
penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa
untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi
tersebut.
3.Production concept
Konsumen pada umumnya lebih tertarik dengan produk-produk yang harganya lebih murah. Mutlak diketahui bahwa objek marketing tersebut murah, produksi yang efisien dan distribusi yang intensif.
4. Product concept
Konsumen akan menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan tersebut memiliki kualitas yang tinggi, performa yang terbaik dan memiliki fitur-fitur yang lengkap.
5. Selling concept
Marketer memiliki tujuan utama yaitu menjual produk yang diputuskan secara sepihak untuk diproduksi
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk
penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa
untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi
tersebut.
3.Production concept
Konsumen pada umumnya lebih tertarik dengan produk-produk yang harganya lebih murah. Mutlak diketahui bahwa objek marketing tersebut murah, produksi yang efisien dan distribusi yang intensif.
4. Product concept
Konsumen akan menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan tersebut memiliki kualitas yang tinggi, performa yang terbaik dan memiliki fitur-fitur yang lengkap.
5. Selling concept
Marketer memiliki tujuan utama yaitu menjual produk yang diputuskan secara sepihak untuk diproduksi
6. Marketing concept
Perusahaan mengetahui keinginan konsumen melalui riset yang telah dilakukan sebelumnya,
kemudian memproduksi produk yang diinginkan konsumen. Konsep ini disebut marketing concept.
7. Market segmentation
Membagi kelompok pasar yang heterogen ke kelompok pasar yang homogen.
8. Market targeting
Memlih satu atau lebih segmen yang mengidentifikasikan perusahaan untuk menentukan.
9. Positioning
Mengembangkan pemikiran yang berbeda untuk barang dan jasa yang ada dalampikiran
konsumen.
10. Kepuasan pelanggan adalah persepsi individu dari
performa produk atau jasa dalam hubungannya dengan harapan-harapan.
Ø Menjelaskan kekuatan utama yang dapat mempertajam
penelitian tentang konsumen?
Membantu mereka untuk mengetahui keinginan, kebutuhan
sekaligus dengan kepuasan konsumen dan Implikasi yang banyak disarankan untuk
menjadikan pemasaran berhasil adalah kenalilah konsumen anda, berilah apa yang
mereka inginkan, gunakan media yang menjadi sasaran dan media baru, gunakan
non-media, capailah konsumen di toko, tajamkan promosi, bekerja sama dengan
pengecer
Source :
0 komentar:
Posting Komentar