Pengaruh situasi dapat dipandang sebagai pengaruh yang
timbul dari faktor yang khusus untuk waktu dan tempat yang spesifik yang lepas
dari karakteristik konsumen dan karakteristik obyek. Situasi konsumen adalah
faktor lingkungan sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku
konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu.
Ø TIPE-TIPE SITUASI KONSUMEN
Secara garis besar jenis/tipe situasi konsumen
dibagi menjadi 3 sesuai dengan waktu kegunaannya yaitu :
1. Situasi Komunikasi
Situasi Komunikasi adalah suasana atau lingkungan dimana
konsumen memperoleh informasi atau melakukan komunikasi. Komunikasi yg
dilakukan bisa bersifat pribadi atau nonpribadi
Konsumen mungkin memperoleh informasi melalui :
Konsumen mungkin memperoleh informasi melalui :
a. Komunikasi Lisan
dengan teman, kerabat, tenaga penjual, atau wiraniaga
b. Komunikasi non
pribadi, seperti iklan TV, radio, internet, koran, majalah, poster, billboard,
brosur, leaflet dsb
c. Informasi
diperoleh langsung dari toko melalui promosi.
2. Situasi Pembelian
Situasi Pembelian adalah lingkungan atau suasana yang dialami/dihadapi
konsumen ketika membeli produk dan jasa. Situasi pembelian akan mempengaruhi
pembelian.
Misal: Ketika Konsumen berada di bandara, ia mungkin akan
bersedia membayar sekaleng Coke berapa saja harganya ketika haus. Sebaliknya,
jika ia berbelanja Coke di swalayan dan mendapatkan harganya relatif lebih
mahal, ia mungkin sangat sensitif terhadap harga. Konsumen tsb mungkin akan
menunda pembelian Coke dan mencari di tempat lain.
3. Situasi Pemakaian
Misal: Konsumen Muslim sering memakai kopiah dan
pakaian takwa pada saat sholat atau pada acara keagamaan. Kebaya akan dipakai
kaum wanita pada acara pernikahan atau acara resmi lainya, dan jarang digunakan
untuk pergi bekerja. Para Produsen sering menggunakan konsep situasi pemakaian
dalam memasarkan produknya, produk sering diposisikan sebagai produk untuk
digunakan pada situasi pemakaian tertentu. Misalnya, ada pakaian resmi untuk ke
pesta, pakaian olahraga, pakaian untuk kerja, pakaian untuk santai dan
berolahraga.
Ø INTERAKSI INDIVIDU DENGAN SITUASI
Situasi konsumen meningkat bila selang waktu sejak saat
makan mereka bertambah. Muncul untuk konsumen yang kelebihan berat. Dengan
demikian, pengaruh situasi dari waktu sejak saat makan mereka yang terkhir
bergantung kepada jenis konsumen.
Ide bahwa konsumen tidak homogen dalam respons mereka
terhadap factor situasi memilki implikasi penting untuk pemasangan pasar.
Karena konsumen yang berbeda mungkin mencari mafaat produk yang berbeda, yang
dapat berubah melintasi situasi pemakaian yang berbeda.
Ø PENGARUH SITUASI TAK TERDUGA
Bagaimana seseorang mengerti akan potensi dari pengaruh
situasi yang tak terduga yang dapat merusak keakuratan ramalan yang didasarkan
pada maksud pembelian , yang tadinya dia tidak mau embeli barang tapi
karena suatu hal jadi membeli barang tersebut. Misalkan seorang ibu yang sedang
berhemat, pasti akan mencari informasi tentang harga-harga kebutuhan pokok,
melalui surat kabar/Koran atau mungkin akan mendatangi tempat kebutuhan tersebut.
Ketika ibu tersebut sudah mendapat informasi secara jelas tentang harga-harga
barang yang naik dan mana harga barang yang turun tentu dia akan mengevaluasi
hasil tersebut dan membeli kebutuhan sesuai dengan kemampuannya.(Situasi
komunikasi)
Source :
0 komentar:
Posting Komentar